Pengertian dan Macam-Macam Green House

Apakah Anda pecinta tanaman? Apa yang biasanya Anda lakukan untuk merawat tanaman? Apakah dengan melakukan budidaya seperti menanam di lahan, atau dengan membuat semacam ruangan budidaya tanaman? Tanaman memang sangat memiliki banyak manfaat dan fungsinya, salah satunya untuk menghasilkan oksigen, air, dan menciptakan udara yang bersih.

Ada beberapa macam budidaya tanaman yang biasanya dilakukan di Indonesia ini. Salah satu contoh budidaya tanaman yang kini sedang hangat-hangatnya dibicarakan yaitu green house. Mungkin banyak yang belum mengetahui apa pengertian green house. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

# Baca juga artikel menarik berikut Memaksimalkan Pengeringan Rumput Laut dengan Menggunakan Plastik UV

Pengertian Green House
Green house adalah sebuah bangunan yang berbentuk seperti rumah, namun atapnya memiliki bentuk yang melengkung. Atap green house ini biasanya terbuat dari bahan plastik yang transparan dan biasanya menggunakan plastik uv. Mengapa dibuat transparan? Alasannya adalah agar nantinya cahaya matahari bisa tembus untuk menyinari tanaman-tanaman yang ada didalam green house secara langsung.

Tujuan dibuatnya green house tentu saja untuk membudidayakan tanaman, selain itu tujuannya adalah untuk melindungi tanaman-tanaman yang sangat rentan jika adanya perubahan cuaca apalagi pada saat musim penghujan seperti ini. Ada sangat banyak sekali jenis dan macam-macam green house itu sendiri, di Indonesia ada beberapa green house yang biasanya dipakai yaitu green house bamboo, green house kayu, dan green house besi.

Beberapa penjelasannya sebagai berikut ini :
Green house bamboo. Mungkin sebagian petani atau pembudidaya tanaman yang tinggal di desa-desa banyak yang memakai green house bamboo ini, alasan utamanya yaitu karena dengan membuat green house bamboo ini tidak membutuhkan biaya yang banyak. Bahkan bamboo di desa-desa sangat mudah untuk dicari. Memang jika dilihat dari biayanya termasuk menguntungkan karena tidak membutuhkan banyak modal, namun green house bamboo ini memiliki beberapa keuntungan yaitu umurnya relative pendek, bamboo juga bisa menjadi sarang hama, dan biasanya untuk atapnya sangat terbatas dari plastik uv.

– Green house kayu. Yang selanjutnya adalah green house kayu, green house ini merupakan green house yang tentunya lebih baik lagi dibandingkan dengan green hose sebelumnya yaitu green house bamboo. Dibandingkan dengan bamboo yang umurnya tidak lama, dengan menggunakan kayu tentunya akan memperlama kerusakan. Jika green house bamboo biasanya bahannya terbatas hanya plastik uv saja, namun green house kayu ini biasanya bahannya sudah lebih bervariasi yaitu plastik, polykarbonat, pvc, atau bahkan sudah berbahan kaca. Namun ada juga kekurangannya, walaupun masa umurnya lebih lama namun jika tidak tepat dalam memilih kayu yang digunakan, maka kayu tersebut lama kelamaan akan terus menerus dimakan oleh rayap atau membusuk. Maka dari itu sebaiknya Anda memilih kayu yang berbahan kayu ulin, atau kayu bengkirai. Karena kedua kayu ini cukup kuat walaupun sudah sering terkena hujan dan panas terus menerus.

– Green house besi. Contoh green house yang terakhir yaitu green house besi. Tentu saja dibandingkan kedua green house tersebut, menggunakan besi lah yang sangat terjamin akan kekuatannya. Meski harus dilakukan sanitasi dalam green house besi ini namun sanitasinya harus selalu terjadwal. Tentu saja menggunakan bahan yang kokoh dan kuat akan membuat tanaman semakin aman terhadap segala bentuk perubahan cuaca.

Setelah mengetahui apa pengertian green house dan juga macam-macam green house yang ada di Indonesia, lalu bagaimana? Berniatkan Anda untuk membuat green house? Tunggu apalagi yuk rawatlah tanaman dengan membuat green house. Semoga dapat membantu dan juga bermanfaat.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Plastik UV (Ultra Violet) dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s