10 Macam Tanaman Sayur Yang Paling Digandrungi di Indonesia!

Sayuran termasuk bagian tanaman yang bisa dikonsumsi mentah atau masak. Bagian tanaman yang dimaksud ialah yang selain buah serta biji-bijian masak. Pengertian sayuran sebagian besar termasuk pengertian secara budidaya serta kuliner, jadi bakal terdapat sayuran yang digolongan lain berdasarkan botani. Contohnya mentimun ialah sayuran secara kuliner, tetapi dinamai buah jika secara botani.

Lalu tanaman sayur apa sajakah yang paling diminati di Indonesia? Nah berikut 10 daftar tanaman tersebut, yaitu sebagai berikut :

1. Bayam
Bayam termasuk tumbuhan yang umumnya ditanam guna dikonsumsi daunnya untuk sayuran hijau. Bayam berasal dari negara Amerika tropik tetapi kini menyebar luas ke penjuru dunia. Bayam terkenal sebagai sayuran dengan sumber zat besi terpenting.

2. Cabai Merah
Cabai merah ialah buah serta tumbuhan kelompok genus Capsicum. Buahnya bisa dikelompokkan sebagai sayuran ataupun bumbu, tergantung pada cara penggunaannya.

3. Tomat
Tomat termasuk tanaman dengan siklus hidup singkat, bisa berkembang sekitar 1-3 meter. Tomat mempunyai buah berwarna kuning, hijau, serta merah yang umumnya digunakan sebagai sayur pada masakan maupun dimakan langsung tanpa melalui proses lain.

4. Gambas / Oyong
Gambas atau oyong ialah komunitas sayuran minor. Budidayanya umum diterapkan di halaman atau ladang yang tak dipakai untuk tumbuhan lain. Gambas dipanen saat masih muda serta diolah untuk dibuat sayur.

5. Paprika
Parika telah lama terkenal di luar negeri, namun baru-baru ini di wilayah Indonesia sudah banyak dibudidayakan. Paprika berkemungkinan bakal makin tenar sebab mempunyai bentuk yang khas, warna yang cukup bagus serta makin berkembangnya panduan resep berbagai masakan yang menggunakan cita rasa paprika ini.

# Yuk! Baca juga artikel menarik berikut Inilah Cara Tepat Budidaya Cabe Yang Dapat Meningkatkan Hasil Panen Anda

6. Sawi
Sawi ialah tanaman dari keluarga Brassica yang digunakan serta dimanfaatkan daun dan juga bunganya untuk bahan pangan, baik secara segar atau diolah terlebih dahulu.

7. Terong
Terong ialah tanaman penghasil buah yang dimanfaatkan untuk sayur-sayuran. Terong berasal dari negara India serta Sri Lanka. Terong berteman dekat dengan kentang serta leunca, namun cukup jauh dengan tomat.

8. Kangkung
Kangkung ialah tanaman yang tergolong sayur-sayuran serta ditanam sebagai makanan. Kangkung pula banyak diperjualbelikan di pasar-pasar. Kangkung cukup banyak terdapat di wilayah Asia serta termasuk tanaman yang bisa ditemui hampir di seluruh tempat terutama di wilayah berair.

9. Selada
Selada terdapat 2 macam jenis jika berdasarkan warnanya yakni selada hijau serta merah. Selada memang terkenal, baik ketika menjadi sayuran maupun lalapan, tak hanya itu cara budidaya selada juga cukup mudah dilakukan.

10. Ketela Pohon / Singkong
Ketela pohon atau juga singkong ialah perdu tiap tahun tropika serta subtropika yang berasal dari suku Euphorbiaceae. Bagian umbinya sangat populer sebagai makanan yang pokok penghasil zat karbohidrat serta daunnya dimanfaatkan untuk dijadikan sayuran.

Demikian sudah info menarik mengenai 10 macam sayuran yang sedang diminati di Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda yang telah menyempatkan waktu untuk sekedar membaca artikel diatas.
Maju terus pertanian Indonesia, sampai ketemu di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Dipublikasi di Artikel | Tag , , , , , , , , , | Meninggalkan komentar

Pengertian dan Macam-Macam Green House

Apakah Anda pecinta tanaman? Apa yang biasanya Anda lakukan untuk merawat tanaman? Apakah dengan melakukan budidaya seperti menanam di lahan, atau dengan membuat semacam ruangan budidaya tanaman? Tanaman memang sangat memiliki banyak manfaat dan fungsinya, salah satunya untuk menghasilkan oksigen, air, dan menciptakan udara yang bersih.

Ada beberapa macam budidaya tanaman yang biasanya dilakukan di Indonesia ini. Salah satu contoh budidaya tanaman yang kini sedang hangat-hangatnya dibicarakan yaitu green house. Mungkin banyak yang belum mengetahui apa pengertian green house. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

# Baca juga artikel menarik berikut Memaksimalkan Pengeringan Rumput Laut dengan Menggunakan Plastik UV

Pengertian Green House
Green house adalah sebuah bangunan yang berbentuk seperti rumah, namun atapnya memiliki bentuk yang melengkung. Atap green house ini biasanya terbuat dari bahan plastik yang transparan dan biasanya menggunakan plastik uv. Mengapa dibuat transparan? Alasannya adalah agar nantinya cahaya matahari bisa tembus untuk menyinari tanaman-tanaman yang ada didalam green house secara langsung.

Tujuan dibuatnya green house tentu saja untuk membudidayakan tanaman, selain itu tujuannya adalah untuk melindungi tanaman-tanaman yang sangat rentan jika adanya perubahan cuaca apalagi pada saat musim penghujan seperti ini. Ada sangat banyak sekali jenis dan macam-macam green house itu sendiri, di Indonesia ada beberapa green house yang biasanya dipakai yaitu green house bamboo, green house kayu, dan green house besi.

Beberapa penjelasannya sebagai berikut ini :
Green house bamboo. Mungkin sebagian petani atau pembudidaya tanaman yang tinggal di desa-desa banyak yang memakai green house bamboo ini, alasan utamanya yaitu karena dengan membuat green house bamboo ini tidak membutuhkan biaya yang banyak. Bahkan bamboo di desa-desa sangat mudah untuk dicari. Memang jika dilihat dari biayanya termasuk menguntungkan karena tidak membutuhkan banyak modal, namun green house bamboo ini memiliki beberapa keuntungan yaitu umurnya relative pendek, bamboo juga bisa menjadi sarang hama, dan biasanya untuk atapnya sangat terbatas dari plastik uv.

– Green house kayu. Yang selanjutnya adalah green house kayu, green house ini merupakan green house yang tentunya lebih baik lagi dibandingkan dengan green hose sebelumnya yaitu green house bamboo. Dibandingkan dengan bamboo yang umurnya tidak lama, dengan menggunakan kayu tentunya akan memperlama kerusakan. Jika green house bamboo biasanya bahannya terbatas hanya plastik uv saja, namun green house kayu ini biasanya bahannya sudah lebih bervariasi yaitu plastik, polykarbonat, pvc, atau bahkan sudah berbahan kaca. Namun ada juga kekurangannya, walaupun masa umurnya lebih lama namun jika tidak tepat dalam memilih kayu yang digunakan, maka kayu tersebut lama kelamaan akan terus menerus dimakan oleh rayap atau membusuk. Maka dari itu sebaiknya Anda memilih kayu yang berbahan kayu ulin, atau kayu bengkirai. Karena kedua kayu ini cukup kuat walaupun sudah sering terkena hujan dan panas terus menerus.

– Green house besi. Contoh green house yang terakhir yaitu green house besi. Tentu saja dibandingkan kedua green house tersebut, menggunakan besi lah yang sangat terjamin akan kekuatannya. Meski harus dilakukan sanitasi dalam green house besi ini namun sanitasinya harus selalu terjadwal. Tentu saja menggunakan bahan yang kokoh dan kuat akan membuat tanaman semakin aman terhadap segala bentuk perubahan cuaca.

Setelah mengetahui apa pengertian green house dan juga macam-macam green house yang ada di Indonesia, lalu bagaimana? Berniatkan Anda untuk membuat green house? Tunggu apalagi yuk rawatlah tanaman dengan membuat green house. Semoga dapat membantu dan juga bermanfaat.

Dipublikasi di Plastik UV (Ultra Violet) | Tag , , , , , , | Meninggalkan komentar

Jual Plastik UV Berkwalitas Merk Vatan Dari Istambul Turki

Banyak pilihan plastik uv untuk green house, salah satu yang paling direkomendasikan adalah plastik uv greenhouse merk Vatan Istambul Turki. Plastik UV VATAN ini memang khusus diimport dari Istambul Turki yang sudah terkenal secara global dan ahli dibidang plastik uv greenhouse.

Penggunaan plastik UV / Ultraviolet kini makin meluas, bukan hanya untuk atap greenhouse. Plastik ultraviolet ini sekarang banyak juga digunakan untuk atap dan alas penjemuran hasil panen, terutama biji-bijian (kopi, kakao, kedelai, dll). Bahkan pengeringan krupuk (kerupuk) sekarang banyak juga yang memanfaatkan plastik UV ini. Hasil penjemuran (pengeringan) akan lebih cepat & kualitas menjadi lebih baik. Dan banyak juga pelanggan kami yang memanfaatkan plastik UV sebagai peneduh kandang ternaknya.

Kelebihan plastik UV import Vatan adalah selain mengandung aditif UV Protector juga mengandung banyak bahan aditif lain yang sangat bermanfaat dalam memaksimalkan fungsi greenhouse. Beberapa zat additive tersebut antara lain :
1. UV (Ultraviolet ) Additive
– Bahan tersebut dapat meningkatkan ketahanan plastik pada matahari saat digunakan untuk penutup greenhouse.
– Banyaknya kandungan UV additive pada plastik sudah ditentukan sesuai dengan kegunaanya sebagai penutup greenhouse,sehingga plastik ini akan tahan pada berbagai cuaca dan iklim.

# Yuk! baca juga Plastik UV Lokal Merk HERCULES

2. IR (Infra Red) Additive
– Bahan tersebut digunakan untuk mengontrol temperature didalam greenhouse,sehingga suhu didalam greenhouse akan tetap normal saat siang hari / malam hari.
– Dengan adanya IR (Infra Red) Additive suhu didalam greenhouse tidak akan mengalami penurunan/kenaikan secara tiba-tiba.IR additive dapat merubah suhu didalam greenhouse antara +1oC dan +5oC.Hal tersebut sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman didalam greenhouse.

3. AB (Anti Bacerial) Additive
– Mencegah lalat putih,kutu daun, thrips dan parasit yang dapat merusak tanaman.
– Mencegah penyebaran bakteri
– Mengurangi jamur yang menyebabkan penyakit pada tanaman

4. EVA (Ethylene Vinyl Acetate) Additive
– Bahan ini membuat plastik lebih elastis ,sehingga meningkatkan daya tahan terhadap angin.
– Mencegah perkembangan beberapa fungis dalam gelap
– Mendistribusikan cahaya secara merata didalam greenhouse
– Menjaga infra red

5. LD (Light Diffused) Additive
– Saat matahari masuk maka bahan ini yang bertugas untuk meratakan cahaya keseluruh permukaan greenhouse
– Mencegah kerusakan tanaman akibat cahaya yang berlebih
– Mencegah perkembangan fungi dan bakteri di dalam greenhouse.

Ukuran Plastik UV Vatan Istambul Turki
Tersedia berbagai ukuran, antara lain :
– Ukuran : 3m x 120m x 200 micron, netto 73kg/roll
– Ukuran : 4,2m x 55m x 200 micron, netto 53kg/roll
– Ukuran : 6m x 60m x 200 micron, netto 73kg/roll
– Ukuran : 8m x 45m x 200 micron, netto 74kg/roll
* kandungan uv protektor 14%

# Minimal Order Plastik UV (Ultra Violet)
Untuk order plastik UV yang ready stock :
– jika dikirim ke ekspedisi minimal order 3 roll.
– jika ambil sendiri di kantor bisa beli 1 roll.
Untuk pemesanan plastik UV ukuran khusus (custom) minimal order 1000kg (1 ton) per ukuran.

# Harga Plastik UV Vatan
Untuk informasi update harga dan cara pemesanan silahkan langsung hubungi kami :
– SMS/Call/WA : 0877-0282-1277 (XL) / 0852-3392-5564 (As) / 08123-258-4950 (Simpati)
– Phone/Fax : 031-8830487
– Email : limcorporation2009@gmail.com

Dipublikasi di Plastik UV (Ultra Violet) | Tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Meninggalkan komentar

Apa itu Plastik UV dan Apa Manfaat Plastik UV Pada Tanaman

plastik-uv-lebar-3m-6m-dan-8mMembudidayakan tanaman di Indonesia merupakan bisnis yang menjanjikan. Sudah banyak pengusaha-pengusaha tanaman ini menjalani usahanya sejak lama. Biasanya kebanyakan dari mereka melakukannya Karena hobby dengan hal yang berhubungan dengan tanaman. Berawal dari hobby hingga akhirnya merembet ke Proses jual beli tanaman.

Didalam membudidayakan tanaman itu biasanya tidaklah sulit. Anda hanya membutuhkan keuletan dan ketekunan dalam melakukannya. Namun biasanya kalau sudah Hobby, kita akan enjoy di dalam membudidayakan tanaman ini. Masalah yang sering di alami di dalam membudidayakan tanaman adalah gangguan hama atau cuaca yang kurang bersahabat dengan pertumbuhan tanaman. Oleh Karena itu dibuatlah GreenHouse untuk mengatasi hal-hal tersebut.

Greenhouse itu merupakan sebuah bangunan yang berfungsi untuk melindungi tanaman. Banyak orang yang menyebut Greenhouse itu adalah Rumah kaca, Karena biasanya Greenhouse ini terbuat dari kaca Achrilic. Namun menggunakan kaca Achrilic ini terbilang cukup mahal. Oleh Karena itu banyak pembudidaya tanaman ini menggunakan Plastik UV. Lalu Apa itu Plastik UV dan apa saja Manfaat Plastik UV pada tanaman? Berikut penjelasannya.

Plastik UV atau Plastik Ultra Violet adalah plastik khusus yang dapat menyaring sinar ultraviolet dengan kadar tertentu. Plastik UV yang dijual dipasaran biasanya tertera angka 6%, 12%, dan 14%. Angka tersebut adalah kandungan UV protector yang dimiliki plastik UV tersebut. UV protector ditambahkan menggunakan lapisan bahan kimia pada plastik. Semakin tinggi kandungan UV protectornya biasanya plastik UV akan berwarna putih susu. Harga yang ditawarkan bervariasi, semakin tinggi UV protectornya maka harganya juga akan semakin mahal namun, juga semakin tahan lama. Ketebalan plastik UV yang biasa dijual dipasaran adalah 200 mikron. Jika anda berkunjung ke pasar bunga atau toko alat pertanian, ada plastik UV dengan harga murah dan lebih tipis seperti plastik biasa. Plastik UV dengan harga murah ini memiliki daya tahan yang rendah dan akan cepat rusak. Jadi, lebih baik membeli plastik UV dengan kualitas yang baik pada agen atau distributor terpercaya.

Salah satunya Plastik UV ini dimanfaatkan untuk pembuatan Greenhouse. Saat ini greenhouse sudah banyak digunakan bukan hanya oleh petani skala besar, namun juga para penghobi tanaman. Banyak sekali model greenhouse, pembuatannya ditentukan oleh beberapa faktor seperti modal, jenis tanaman, karakteristik lahan atau tempat. Greenhouse juga digunakan untuk penanaman model hidroponik. Greenhouse dengan penutup kaca membutuhkan banyak biaya dalam pembuatannya. Salah satu alternative yang saat ini banyak digunakan adalah menggunakan plastik UV 14% baik sebagai atap atau untuk menutup keseluruhan greenhouse.

Lalu apa keuntungan Plastik UV pada GreenHouse di banding menggunakan yang lainnya? Berikut kita akan paparkan.

  1. Plastik UV Greenhouse ini Relatif lebih murah daripada bahan lainnya. Plastik UV selain bisa melindungi dari radiasi matahari, Plastik UV juga bisa melindungi tanaman dari hujan. Anda juga tidak perlu khawatir apabila Hujan lebat, Karena plastik UV ini akan mencegah air masuk ke dalam Greenhouse
  2. Plastik UV mampu melindungi tanaman dari Hama yang merusak tanaman.
  3. Plastik UV dapat Memaksimalkan Proses Fotosintesis
  4. Plastik UV juga bisa meminimalisir penggunaan pestisida dan Bahan Kimia lainnya.

Begitulah penjelasan tentang Plastik UV dan beberapa kelebihan dari penggunaan Plastik UV Greenhouse. Kami juga akan membantu kebutuhan anda di dalam tanam-menanam, salah satunya kami adalah salah satu Pabrik Plastik UV dan kami menjual Plastik UV dengan Harga terjangkau. Kami menyediakan Plastik UV dengan lebar 3m, 6m, dan 8m. Kandungan UV protector yang kami jual yaitu 6% dan 14%.

Sudah siap membuat mini greenhouse di pekarangan rumah Anda? Kami pabrik plastik uv akan memenuhi semua kebutuhan Anda. Untuk info harga plastik uv ter-update silahkan klik DISINI dan pemesanannya bisa melalui SMS/Call/WA: 0877-0282-1277 (XL) atau 0852-3392-5564 (As) atau 08123-258-4950 (Simpati). Phone/Fax: 031-8830487 dan melalui Email: limcorporation2009@gmail.com

Dipublikasi di Plastik UV (Ultra Violet) | Tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Meninggalkan komentar

Cara Budidaya Tanaman Jahe Dalam Polybag

123456Banyak orang yang mencari-cari tentang bagaimana Cara Budidaya Tanaman Jahe dalam Polybag di Google. Tak heran di era serba digital ini sudah banyak Informasi yang sudah tersebar di dunia Internet. Dulu kita hanya melihat info di buku dan dari guru-guru yang sudah berpengalaman, tapi sekarang segala informasi sudah jauh lebih mudah dan Transparan di Artikel-artikel yang di tulis.

Salah satunya adalah yang saya Jelaskan di Artikel ini mengenai Cara Budidaya Tanaman Jahe dalam Polybag. Untuk membudidayakan Jahe anda tidak perlu memiliki lahan yang luas dan langsung ke tanah. Anda bisa menggunakan Polybag atau sebuah karung bekas untuk menanam Jahe tersebut. Kita bisa membudidayakan Jahe secara Intensif dengan lahan yang seadanya saja, bahkan bisa di pekarangan rumah kita, namun Tingkat Produktivitasnya sangat tinggi. Berikut kita akan menjelaskan Proses dari Pembudidayaan Jahe.

Proses Pembibitan Jahe
Di dalam Proses ini, kita mulai dengan Proses pemilihan benih dan benih untuk bibit jahe ini di ambil dari rimpangnya. Kita perlu perhatikan Rimpang untuk menjadi benih Jahe yang baik, yaitu Rimpang yang tidak disimpan terlalu lama alias masih segar, Sehat, Ukurannya normal atau besar, tidak ada kecacatan. Sebaiknya rimpang untuk Benih jahe ini di ambil dari Kebun Petani, Bukan dari Pasar Konsumsi. Kemudian Rimpang yang telah anda peroleh di sortir dan di pilih sesuai keriteria yang tadi disebutkan.

Jika anda mengkhawatirkan serangan dari jamur, anda bisa merendam benih ini terlebih dahulu di larutan Fungisida, contohnya Dithane M-45 sekitar 15 menit. Atau bisa cukup anda rendam atau basahi dengan air, lalu letakkan di tampah atau nyiru, dan tempatkan di tempat yang lembab supaya berkecambah. Kontrol setiap hari benih tersebut dan siram dengan air jika terlalu kering, supaya kelembaban terjaga. Lalu Benih akan mulai berkecambah sekitar 2 minggu.

*Anda membutuhkan polybag untuk budidaya tanaman jahe, karet, kelapa sawit? silahkan klik DISINI

Proses Penyemaian Bibit Jahe
Selama Proses Benih menjadi Kecambah, kita bisa memanfaatkan waktu dengan menyiapkan tempat untu persemaian yaitu dengan Petak ukuran 1 x 2 m dengan dibatasi dengan batubata lalu diisi dengan Pasir dan Pupuk yang organik. Untuk tempat persemaian di usahakan berada di tempat yang tidak terkena hujan dan sinar matahari secara langsung. Kemudian di tempat tersebut, benih yang sudah berkecambah tadi kita tanam di kedalaman kira-kira 4-5 cm.

Biasanya Benih tersebut mulai tumbuh menjadi tanaman muda sekitar 2 – 4 Minggu. Setelah tumbuh mencapai 10 cm, Bibit bisa anda ambil atau potong dari rimpangnya lalu di tanam ke media karung atau Polybag yang sudah di siapkan. Rimpang yang tersisa bisa anda tanam kembali pada persemaian, supaya tumbuh bibit yang lain. Biasanya satu buah rimpang bisa menumbuhkan 2-4 bibit.

Proses penanaman Bibit Jahe
Untuk melakukan penanaman bibit jahe dengan media Polybag atau karung kita harus hati-hati. Lakukanlah dengan membuat lubang sebesar ukuran pangkal bibit, lalu anda masukkan bibit Jahe tersebut ke dalam Lubang tanam. Dan tutup dengan media atau tanah yang ada di sekitarnya dan padatkan.

Setelah sudah dilakukan itu semua, Media dan Bibit itu harus disiram dengan air bersih supaya tanaman Jahe tersebut mendapatkan cukup air dan kontak dengan media. Setelah itu yang perlu di ingat, tanaman Jahe tersebut jangan langsung di tempatkan di ruang terbuka yang dimana Tanaman langsung terkena teriknya sinar matahari, bisa anda buat Green House yang atapnya terbuat dari Pelindung Plastik misalnya, sampai umur tanaman mencapai 2,5 bulan.

Proses Pemeliharaan Tanaman Jahe
Untuk merawat atau memelihara tanaman jahe di dalam Karung atau Polybag cukup mudah, anda perlu melakukan beberapa hal berikut :
• Penyiraman Jahe, Lakukan tiap hari, sebaiknya pada sore hari terutama di saat tidak hujan. Penyiraman bisa dihentikan apabila tanaman jahe mulai memasuki Fase Pengeringan atau Senecense saat tua dan mendekati panen.
• Penyiangan dan Penggemburan, Rumput yang tumbuh pada media tanam perlu di siangi agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman, terutama pada saat 4 bulan pertama, yang dimana tanaman jahe belum terlalu rimbun. Selain penyiangan, media tana mini perlu juga digemburkan dengan menggunakan cetok. Penggemburan ini untuk menyediakan media tumbuh yang baik pada akar tanaman dan memperbaiki sirkulasi udara di dalam media tanam.
• Pemupukan, Pemupukan ini dilakukan 2 bulan sekali seiring pertumbuhan tanaman, dengan menambahkan Pupuk organic di dalam media tanam atau tanah. Jumlah pupuk yang diberikan sesuai dengan besarnya media yang digunakan, Sekitar 1/5 ukuran polybag atau karung yang digunakan. Pemupukan bisa diberikan 3 kali selama umur tanaman.
Begitulah sekilas mengenai Cara Budidaya Jahe dengan menggunakan Polybag. Semoga artikel ini bisa membawa manfaat untuk anda semua. Good luck!

*Baca juga Membudidayakan Sengon/Albasia

Dipublikasi di Polybag | Tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Meninggalkan komentar

Polybag Murah

Kebutuhan plastik polybag untuk kebutuhan penanaman sekarang semakin banyak. Banyaknya kebutuhan polybag saat ini disebabkan oleh beberapa faktor penghambat khususnya di bidang pertanian seperti :
– Lahan pertanian semakin sempit. Pertumbuhan penduduk yang semakin pesat mendorong penyediaan lahan baru untuk mendirikan bangunan-bangunan pemukiman, alhasil lahan-lahan hutan, lahan pertanian tidak luput dari sasaran pembangunan. Sehingga bertanam di dalam polybag dijadikan sebagai alternatif tidak adanya lahan yang memadai.125– Kondisi tanah yang tidak subur. Penggunaan polybag bisa menjadi solusinya karena pengolahan tanah, pengendalian hama, pengendalian gulma, pemupukan, pengairan, drainase dan aktivitas pertanian lainnya lebih mudah dilakukan jika menggunakan polybag.
Jika dibandingkan antara harga pot dengan harga polybag, contoh saja di pasaran pot dengan ukuran diameter 15 cm dan jumlah 12 buah (1 lusin) per pack dijual dengan harga Rp 19.000,-. Sedangkan polybag dengan lebar 15 cm dapat berisi 176 lembar per-kg dijual dengan harga Rp 19.500,-/kg.

Dengan demikian, jelas polybag jauh lebih murah, karena dengan harga yang sama Anda akan mendapatkan jumlah polybag jauh lebih banyak dibandingkan pot, namun tetap dengan kualitas yang baik dan tahan lama. Disamping itu, polybag lebih mudah dibersihkan, mudah dipindahkan, awet, mudah didapatkan, tahan karat, aerasi dan drainase bagus, pemeliharaan gulma lebih mudah dan pemupukan lebih terkonsentrasi.

Polybag juga sangat mudah didapatkan di toko-toko pertanian maupun toko plastik sekalipun dengan tawaran harga yang beragam yang jelas lebih ekonomis dari pot. Polybag dengan harga murah pun banyak di jual. Tapi perlu Anda ingat, harga boleh murah, tapi jangan pilih yang murahan dan berkulitas jelek. Pilihlah polybag yang murah tapi tetap kualitas yang dinomorsatukan.

Kami menjual polybag dengan harga murah tapi tidak murahan. Kami selalu mengutamakan kaulitas produk dan kepuasan konsumen. Kami menjual 3 jenis kualitas polybag, yakni :
Polybag Kw Super (daya tahan sampai 12 bulan atau lebih)
Ukuran lebar: 10-60cm
Harga: Rp 19.500,-/kg
Daya tahan: sekitar 12 bulan
Minimal order: 300 kg per ukuran

Polybag Kw Biasa (daya tahan sampai 6 bulan atau lebih)
Lebar: 10-60cm
Harga: Rp 18.500,-/kg
Daya tahan: sekitar 6 bulan
Minimal order: 300 kg per ukuran

Polybag Original (daya tahan sampai 24 bulan atau lebih)
Lebar/tinggi: diatas 60 cm
Harga: Rp 21.500,-/kg
Minimal order: 500kg/ukuran
Keterangan:
– Harga tersebut adalah harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga bersifat tidak mengikat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Pemesanan polybag minimal dapat diproses untuk ukuran kecil dengan berat 300 kg, hingga pesanan dalam kategori besar hingga 10 ton. Berbagai ukuran dapat dibuat namun kami hanya melayani pesanan dengan ukuran di atas 10 cm, baik polybag kecil, polybag sedang, maupun polybag besar. Ukuran di bawah 10 cm belum bisa kami kerjakan.

Polybag tidak ready stock sebagaimana toko, melainkan mengerjakan berdasarkan pesanan karena kami mengedepankan kualitas produk. Lama proses pengerjaan pesanan biasanya sekitar 14 hari kerja, tergantung kondisi pabrik dan pesanan. Cara pembayaran adalah cash di depan atau DP 50%, sisa pembayaran harus lunas setelah pengerjaan selesai dan barang siap dikirim.

Pemesanan dapat diantarkan dimanapun Anda berada di seluruh Indonesia. Polybag akan diantarkan langsung sampai ke alamat Anda dan pelayanan yang diberikan dijamin yang terbaik.

Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas produk kami, keramahan dan kenyamanan pelayanan, kepuasan dan kepercayaan konsumen adalah sangat berharga bagi kami. Segera pesan sekarang juga, dan jadikan polybag murah dan berkualitas produk kami sebagai andalan pertanian Anda.

Yuk baca juga artikel berikut PABRIK PARANET YANG RECOMENDED UNTUK ANDA

Dipublikasi di Polybag | Tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Meninggalkan komentar

Petunjuk Teknis Cara Pembibitan Polybag Sawit

Polybag pembibitan sawit menjadi penentu penanaman sawit dapat berjalan lancar. Prosesnya adalah polybag tanaman sawit, penanaman pada kebun, lalu perawatan.

Mengapa sawit?
Kita tahu, nilai ekonomis kelapa sawit tergolong tinggi. Devisa yang disumbangkan dari olahan minyak nabati sawit juga tergolong tinggi. Selain itu kelapa sawit juga membuka ruang kesempatan lapangan kerja yang cukup massif pada masyarakat, khususnya di wilayah Sumatra.

Karena itu permintaan sawit terus meningkat, seiring kebutuhan konsumsi minyak yang semakin tinggi. Baik untuk ekspor maupun konsumsi dalam negeri.
Proses dimulai dengan meyiapkan polybag. Anda dapat membandingkan beberapa saran jual polybag untuk mendapatkan polybag harga murah.

Sifat dan Syarat Geografis Ideal Perkebunan Kelapa Sawit
• Sinar matahari setiap hari antara 5-7 jam.
• Curah hujan antara 1.500-4.000 mm.
• Temperatur antara 24-280 C.
• Ketinggian antara 1-500 mdpl.
• Kecepatan angin antara 5-6 km/jam (membantu proses penyerbukan).
• Tekstur tanah mengandung banyak lempung dengan aerasi yang baik dan subur.
• Memiliki sistem drainase yang baik.
• Permukaan air tanah cukup dalam, solum juga cukup dalam (80 cm), pH 4-6, dan tanahnya pun tidak berbatu.
• Tanah Latosol, Aluvial dan Ultisol, tanah gambut, dataran pantai dan muara sungai juga dapat dijadikan lahan perkebunan kelapa sawit.

Teknik Pembibitan Kelapa Sawit
Pembibitan adalah bagian penting sebelum masa tanam kelapa sawit. Secara lengkap berikut uraian teknis pembibitan sawit. Untuk contoh ini kami gunakan pupuk POC NASA sebagai panduan.
• Siapkan polybag pembibitan ukuran 12×23 atau 15×23 diisi dengan media tanah, berat sekitar 1,5kg atau 2kg. Tanah lembut ayakan bercampur pasir.
• Kecambah dimasukkan polybag pembibitan, ditanam sedalam 2 cm
• Letakkan polybag pembibitan pada bedengan, diameter sekitar 120cm
• Upayakan tanah polybag tanaman selalu dalam keadaan lembab
• 3-4 bulan kemudian siapkan pemindahan pada polybag baru.
• Siapkan polybag pemindahan, ukuran 40x50cm, tebal 0,11cm. isi tanah 15-30 kg.
• Tanah lapisan atas berupa ayakan. Usia 3-4 bulan, saat daun sekitar 45 helai, pindahkan bibit polybag pada polybag baru.
• Jangan lupa Siram tanah dengan POC NASA 5 ml atau 0,5 tutup per liter air sebelum penanaman.
Polybag diatur segitiga sama sisi, jarak 90x90cm
• Lakukan pemeliharaan bibit sawit dengan menyiram 2 kali sehari.
• Penyiangan atau pencabutan gulma 15 hari sekali, atau sesuaikan dengan pertumbuhan gulma yang mengganggu.
• Bibit tidak normal harus dibuang. Seleksi pada usia 4 bulan dan 9 bulan
Ukuran pupuk pada proses pembibitan
(contoh pembibitan dengan pupuk NASA)

12

Teknik Penanaman Kelapa Sawit
Tahap selanjutnya adalah penanaman. Berikut petunjuk teknis yang dapat digunakan pada proses penanaman kelapa sawit.
• Pola tanam boleh monokultur atau tumpangsari. Upayakan kelembaban tanah tetap terjaga, misalnya dengan menumpuk dedaunan dan gulma kering.
• Lubang tanah ukuran sekitar 50×40 cm dan dalam 40cm. Pisahkan tanah sisa 20cm atas dengan 20 cm bawah.
• Pada dataran, jarak antar lubang 9×9 meter. Pada tanah berbukit, atur juga jarak lubang dengan lereng 1,5 meter.
• Jangan lupa menaburkan pupuk kandang yang sudah kering dan bertekstur seperti tanah pada lapisan bawah.
• Penanaman dilakukan pada musim hujan, setelah hujan turun dengan teratur.
• Lepaskan polybag tanaman dengan hati-hati, jangan sampai merusak tekstur tanah tempat akar bibir menyerap zara dan air
• Pemumpukan dapat dilakukan seminggu kemudian
• Bersihkan gulma yang tumbuh di sekitar pohon
• Siapkan bibit umur 10-14 bulan untuk mengganti kelapa sawit yang mati.
• Pada usia 16-20 bulan, buang daun kering atau buah pertama yang busuk
• Pada usia 20-28 bulan, potong daun yang saling menumpuk

Anjuran yang dapat Anda ikuti Pemupukan Adalah sebagai berikut13

Demikian petunjuk teknis pembibitan sawit hingga penanaman dan proses perawatan hilngga tahun kedua (28 bulanan). Untuk mendapatkan polybag harga murah, kami sarankan untuk menghubungi penjual polybag online, khususnya distributor besar. Selamat menikmati budidaya sawit.

*yuk baca juga artikel berikut ini Petunjuk Teknis Membasmi Hama dan Penyakit Kelapa Sawit

Dipublikasi di Polybag | Tag , , , , | Meninggalkan komentar

Konten Utama

Ini adalah pos konten andalan. Klik tautan Sunting untuk mengubah atau menghapusnya, atau mulai pos baru.

Dipublikasi di Tak Berkategori | Meninggalkan komentar

Konten Utama

Ini adalah pos konten andalan. Klik tautan Sunting untuk mengubah atau menghapusnya, atau mulai pos baru.

Dipublikasi di Tak Berkategori | Meninggalkan komentar

Konten Utama

Ini adalah pos konten andalan. Klik tautan Sunting untuk mengubah atau menghapusnya, atau mulai pos baru.

Dipublikasi di Tak Berkategori | Meninggalkan komentar